Wednesday, February 22, 2012

D3 Teknik Telekomunikasi

Membekali Mahasiswa Banyak Praktik
Tingginya biaya kuliah, bikin sebagian orang beralih dari program Sarjana ke Diploma supaya tidak terlalu lama kuliah. Nah, bagi kamu yang ingin cepat kerja dan tak mau kuliah lama-lama, program studi (prodi) D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom (Institut Teknologi Telkom) adalah pilihan paling klop.

Mengapa Mesti D-3 Teknik Telekomunikasi ?


Mahasiswa prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom dibekali lebih banyak praktik agar bisa langsung terjun ke dunia kerja. Apalagi prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom konsisten membina mahasiswa dengan kemampuan software, hardware, dan softskill. Kedua hal ini pantas menjadi bahan pertimbangan kamu untuk kuliah di prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom.

Lulusannya Sudah Ribuan


Prodi D-3 Teknik Telekomunikasi didirikan setelah prodi S-1 Teknik Telekomunikasi dibentuk IT Telkom tahun 1990. Awalnya cuma untuk penjenjangan karyawan PT Telkom, pada tahun 1991 prodi ini mulai menerima mahasiswa umum lulusan SMA dan yang sederajat.

Hingga kini, lulusannya sudah mencapai ribuan. Mereka tidak hanya bekerja di banyak industri dan perusahaan terkemuka, namun banyak pula yang melanjutkan studinya ke jenjang S-1.

Terakreditasi “B”


Perihal akreditasi, prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom telah mengantongi nilai B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Dikti No. 009/BAN-PT/Ak-VII/Dipl-III/VIII/2007 tanggal 25 Agustus 2007.

Perlu kamu tahu, dengan mengantongi nilai akreditasi B, prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom dijamin oleh BAN-PT sebagai prodi yang memiliki standar mutu “Baik”. Kamu dan orang tuamu perlu memperhatikan status akreditasi ini sebelum memilih program studi di perguruan tinggi.

Bengkelnya Lengkap, Laboratoriumnya Canggih

Untuk menunjang proses pembelajaran, kamu yang memilih prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom pasti akan akrab dengan beberapa bengkel yang memiliki fasilitas lengkap seperti Bengkel Mekanik serta sejumlah laboratorium canggih semacam Laboratorium Fisika, Teknik Digital, C & C, Rangkaian Listrik, Elektronika, Mikroprosesor, Dasar Transmisi, dan lain-lain. Itu belum termasuk beberapa ruangan kelas kuliah bersuasana cozy, yang bakal membuat kuliah kamu tambah menyenangkan.

Kurikulumnya Berbasis Kompetensi
Soal kurikulum, kurikulum prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom dirancang sebanyak 111 Satuan Kredit Semester (SKS) yang berbasis kompetensi dalam lingkup nasional dan internasional.

Mesti Ikut Geladi


Prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom pun membekali mahasiswanya dengan tambahan ilmu di luar yang tercantum dalam kurikulum. Selain itu, kamu yang jadi mahasiswa IT Telkom wajib mengikuti kegiatan Geladi ketika menginjak tingkat dua. Tujuannya, mengenal ruang lingkup pekerjaan di lapangan serta Kerja Praktik sebagai implementasi pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa kuliah untuk membantu pemecahan masalah di berbagai perusahaan atau instansi terkait bidang pertelekomunikasian.

Dosennya Friendly

Prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom didukung dosen-dosen friendly yang mau membantu kesulitan belajar mahasiswa melalui diskusi terbuka hingga berkomunikasi lewat internet. Ini bakal memudahkan kamu untuk berkonsultasi tentang apa pun yang kamu pelajari di kelas dan laboratorium. So, kamu nggak perlu sungkan bertanya pada mereka.

Punya Dua Peminatan


Bila kuliah di prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom, kamu bisa memilih dua peminatan yang ada, yakni Teknik Switching dan Jaringan serta Teknik Transmisi. Keduanya memiliki sejumlah mata kuliah khas.

Peminatan Teknik Switching dan Jaringan mempunyai mata kuliah unggulan seperti Teknik Switching dan Pensinyalan, Teknik Trafik, Teknik Perancangan Jaringan Kabel, Teknologi Jaringan Nirkabel, serta Teknologi Jaringan dan Multimedia.

Sementara peminatan Teknik Transmisi memiliki beberapa mata kuliah khas, di antaranya Teknologi Komunikasi Optik, Teknik Gelombang Mikro, Teknik Antena dan Propagasi, serta Teknologi Komunikasi Satelit.

Dorong Mahasiswa Berprestasi


Mahasiswa prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom diberi kesempatan mengikuti sertifikasi seluas-luasnya guna meningkatkan kompetensi serta didorong aktif dalam kegiatan grup riset di “Bengkel”. Ini adalah tempat untuk melakukan workshop dan mengasah keahlian hingga mampu menghasilkan sebuah produk jadi untuk Proyek Akhir (PA) atau mengikuti perlombaan.

Perlombaan yang acap diikuti mahasiswa prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom di antaranya Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GeMasTIK), Kontes Roket Indonesia (Korindo), dan lain-lain.

Adapun Exhaust Monitoring Car, salah satu produk jadi karya mahasiswa prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom sudah masuk pada proses lebih lanjut dengan pihak pengguna. Produk ini berfungsi memantau kadar pencemaran udara kendaraan bermotor. Sembari menimba teori, amat bermanfaat memang bila kamu bisa sekaligus mempraktikkannya dalam bentuk produk aplikatif.

TAK untuk Mengasah Softskill-mu


Selain dibekali berbagai kemampuan hardskill, kebisaan kamu di sisi softskill pun bakal ditempa di prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom lewat TAK (Transkrip Aktivitas Kemahasiswaan). Inilah program unggulan IT Telkom buat menyeimbangkan otak kiri dan kanan guna meningkatkan softskill kamu seperti kemampuan melakukan inisiatif, proaktif, adaptasi, dan komunikasi secara baik yang memang amat dibutuhkan di dunia kerja.

Menilik berbagai keunggulan itu, pastikan prodi D-3 Teknik Telekomunikasi IT Telkom sebagai tempat kuliah pilihanmu sekarang juga!

0 comments:

Post a Comment